Sabtu, 26 Desember 2015

Pengambilan keputusan suatu perusahaan biasanya didasarkan pada beberapa faktor yang menjadi pendorong diadakannya pengambilan keputusan tersebut. Sebagaimana terdapat dua keputusan bila dilihat dari masalah yang dihadapi, yaitu : Keputusan yang Diprogramkan (Program Decision) dan Keputusan yang Tidak Diprogramkan (Non-Program Deicison). Berikut contoh kasus pengambilan keputusan dari suatu perusahaan, dalam kasus ini adalah merumahkan karyawan atau PHK :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jakarta – Samsung kembali dikabarkan akan memangkas sekitar 1.000 pekerjaan di Tiongkok.
Sebuah laporan menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk memberhentikan karyawan di level managerial dan eksekutif sebagai upaya untuk menghemat biaya.

“Prioritas utama Samsung adalah untuk menghemat biaya. Para pekerja yang kinerjanya biasa-biasa saja sedang disarankan untuk meninggalkan perusahaan dengan kompensasi yang cukup besar,” kata salah seorang pejabat Samsung, dikutip dari GSM Arena.

Dia mengungkapkan bahwa PHK akan terjadi di sejumlah negara dimana perusahaan tersebut memiliki unit manufaktur.

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa saat ini tim SDM masing-masing negara telah diminta untuk membujuk karyawannya untuk bergabung dengan “sistem pensiun sukarela.”
Samsung Electronics juga dikabarkan akan memberhentikan sekitar 30 persen tenaga kerja di divisi keuangan, SDM dan pemasaran, demikian GSM Arena.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dapat kita amati dari berita diatas, bahwa PT Samsung akah merumahkan sekitar 1000 pekerja di Tiongkok. Dijelaskan juga disitu bahwa upaya merumahkan karyawan tersebut bertujuan untuk menghemat biaya. Bahkan hingga 30 persen tenaga kerja yang akan dirumahkan.

Melihat dari fakta tersebut, disini saya menyimpulkan bahwa pengambilan keputusan tersebut bersifat  Non Program Decision dimana diperkirakan bahwa penghematan tersebut berada diluar kendali dan perkiraan perusahaan tersebut diawal. Sehingga dengan terpaksa merumahkan ribuan bahkan hingga 30 persen karyawannya.

0 komentar :

Posting Komentar